Wednesday, March 21, 2018

Mengedit Tampilan awal Open SID

Codemorty- Yo! Pengalaman saya dari IT Volunteer di desa beku adalah mengelola open sid untuk informasi desa yang menjalankan program srintekdes (sistem integrasi teknologi desa) , dan kala itu saya mendapatkan job untuk styling open sid , wadoh! open sid itu apaan coba ? ternyata oh ternyata , open sid merupakan CMS denga bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan Framework Codeigniter , dah saya sudah baca sekilas , saya sudah punya gambaran sedikit tentang codeigniter , yang sudah pernah saya post di postingan sebelumnya . BEH langsung saja kita ke open sid



Saya sudah berasumsi bahwa anda sudah menginstall opensid di local atau hosting , so langsung saja 

Jika kita membuka url open sid maka kurang lebih akan seperti ini 

http://localhost/opensid/index.php/first

artinya kita membuka page di open sid root directory yaitu :

di donjo-app/controller/first ini adalah halaman utama open sid dan controller first ini mengundang file theme di themes/default/* mungkin sudah itu sedikit pengenalan tentang cara kerja open sid serta codeigniter , sekarang kita mulai styling tampilan open sid-nya:

  • Open sid menyediakan 2 tema , yaitu tampilan default dan tampilan hadekawa , untuk menggantinya , buka admin panel , lalu ada icon di pojok kanan atas , klik > pengaturan > setting aplikasi (pada menu paling bawah , ganti default menjadi hadekawa) setelah itu save , mudah? ternyata tampilan hadekawa pun tidak terlalu menarik menurut saya , untuk mengedit nya kita perlu mengedit file css di folder hadekawa 



Tampilan Tema Hadekawa
  • Mengedit tampilan awal , folder tema hadekawa terletak di :
/themes/hadakewa/
List file yang perlu diedit
  1. Header.php : file ini terletak di /themes/hadekawa/layout/header.php , header.php ini merangkup tampilan yang ada di sini 
  2.  teks_berjalan.php : file ini terletak di/themes/hadekawa/layout/teks_berjalan.php ,teks_berjalan.php ini merangkup skrip teks berjalan .
  3. menu_tpl.php : file ini terletak di /themes/hadekawa/partial/menu_tpl.php ,merangkup skrip navigasi bar yang ada di paling atas 
untuk mengubah gambar yang ada di tampilan awal berada di /desa/css/hadekawa/desa_web.css  

Itu saja mungkin itu saja dulu silahkan di kreasikan dan dikembangkan lebih ! oh iya akan saya tunjukkan hasil editan saya 



OPEN SID DESA BEKU KARANGANOM KLATEN ! 

ADA PERTANYAAN? KONTAK FACEBOOK SAYA DI https://www.facebook.com/kuntulsu

Terimakasih sudah berkunjung!


0 comments