Thursday, April 26, 2018

DNS 1.1.1.1 Lebih Cepat daripada DNS Google 8.8.8.8 ?


Yo! Kali ini saya akan membahas tentang DNS Public yang sekarang sedang famous di gunakan . Mari kita bahas tentang si DNS Tercepat ini .


Q : Apa sih itu DNS ?
A : Dns (Domain Name System) Bekerja seperti buku telepon dari internet . seseorang mengakses website seperti google.com , web browser akan merespon sebuah website dengan menggunakan internet protocol (IP) . nah DNS berfungsi untuk menerjemahkan[resolv] google.com , ke dalam bentuk IP untuk bisa diproses oleh browser.

Q : Maksudnya Resolver itu apa sih ? 
A : Ketika seorang pengguna meminta untuk mengunjungi aplikasi web seperti facebook.com, komputer pengguna perlu mengetahui server apa yang harus dihubungkan sehingga dapat memuat aplikasi. Komputer pada awalnya tidak memiliki informasi yang diperlukan untuk melakukan    terjemahan "nama untuk alamat" ini, jadi mereka meminta server khusus untuk melakukannya bagi mereka.

Q : Apa itu 1.1.1.1 ?
A : 1.1.1.1 Adalah sebuah DNS Public pihak ketiga yang menjadi DNS Resolver yang tercepat (saat ini) , 1.1.1.1  juga solusi berinternet secara aman dan pribadi , dan tidak menjual data kepada pengiklan ,  berikut adalah statistik kecepatan resolv DNS oleh beberapa DNS Public.



Q : Mengapa kita harus beralih ke 1.1.1.1 daripada DNS Default ISP?
A : Alasan utama beralih ke 1.1.1.1 adalah untuk alasan kecepatan dan keamanan .ISP tidak selalu menggunakan enkripsi kuat pada DNS mereka atau mendukung DNSSEC , yang membuat permintaan DNS mereka rentan terhadap pelanggaran data dan mengekspos pengguna ke ancaman seperti serangan man-in-the-middle . selain itu ,ISP sering menggunakan catatan DNS untuk melacak aktivitas dan perilaku pengguna mereka. Resolvers ini tidak selalu memiliki kecepatan yang tinggi dan ketika mereka kelebihan beban dengan penggunaan berat mereka menjadi lebih lamban. Jika ada lalu lintas yang cukup di jaringan, recursor ISP bisa berhenti menjawab permintaan sama sekali.

Q : Untuk Alasan apa 1.1.1.1 lebih aman dari DNS publik lainya?

A : Beberapa layanan DNS rekursif lainnya dapat mengklaim bahwa layanan mereka aman karena mereka mendukung DNSSEC. Meskipun ini adalah praktik keamanan yang baik, pengguna layanan ini secara ironis tidak dilindungi dari perusahaan DNS itu sendiri. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini mengumpulkan data dari pelanggan DNS mereka untuk digunakan untuk tujuan komersial. Alternatif lain, 1.1.1.1 tidak menambang data pengguna apa pun. Log disimpan selama 24 jam untuk keperluan debugging, kemudian mereka dibersihkan.

1.1.1.1 juga menawarkan beberapa fitur keamanan yang tidak tersedia dari banyak layanan DNS publik lainnya, seperti minimisasi nama kueri. Minimalisasi nama kueri mengurangi kebocoran privasi dengan hanya mengirim nama permintaan minimal ke server DNS otoritatif.



Yap , itulah bahasan hari ini tentang "DNS 1.1.1.1 Lebih Cepat daripada DNS Google 8.8.8.8 ?"

Referensi : 

0 comments